panduan seo
 Panduan Seo dan memahami mengenai seo

Panduan Seo - Hay Apa kabar? pada kesempatan ini admin ingin  berbagi ke kalian mengenai  teknik seo. Dan Apa kalian sudah mengetahui apa itu seo dan fungsi dari seo tersebut.

Seo merupakan salah satu factor penting bagi keberlangsungan dari sebuah website, bila kalian pernah mengunjungi mesin pencarian seperti bing, yahoo maupun google.

Kalian akan melihat daftar dari website yang relevan  dengan pencarian kalian.  Untuk dapat memasuki peringkat pertama dari sebuah mesin pencarian ada beberapa factor,  seperti Kata kunci yang tepat  dan kualitas isi dari sebuah website.

Mengingat  algoritma dari mesin pencari yang selalu berubah, maka strategi seo pun harus dapat kalian pahami.

Apa Saja sih fungsi dari seo itu sendiri?

Fungsi dari seo merupakan suatu usaha untuk mengoptimasikan dari sebuah website agar mesin pencarian memberikan dan mengurutkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Panduan seo dan untuk lebih lanjutnya mari kita mengenali bagaimana kita dapat bisa menggunakan teknik seo ini untuk  mengembangkan website kita.

Panduan Seo

Panduan Seo atau yang lebih dikenal dengan search engine optimization merupakan salah satu usaha untuk mengoptimasikan sebuah website agar mendapatkan peringkat yang lebih baik. 

Dengan memperaktekan sebuah teknik seo, kita dapat menyesuaikan sebuah website agar dapat bersahabat dengan sebuah algoritma.

Menurut Panduanim, Dari data yang diperoleh oleh Google, website yang mendapatkan peringkat pertama sampai dengan ke ketiga memberikan total kunjungan sebesar lebih dari 50%, dan peringkat kedua memberikan data kumulatif sebesar lebih dari 20%.

Seo sendiri merupakan salah satu income penting, bila anda seorang pembisnis, seo merupakan asset penting bagi kalian unntuk mendapatkan pengunjung secara gratis.

dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mengoptimasikan sebuah kontent. apa sih itu Konten?

konten merupakan suatu komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memiliki peranan terbesar dalam mengoptimasikan seo on-page.

ada beberapa komponen yang dapat kalian perhatikan sebagai berikut:

  • Buatlah suatu konten yang dapat Memberikan manfaat maksimum bagi para pengunjung
  • Tunjukan konten yang Lebih menonjol dibandingkan konten yang lain.
  • Perhatikan disaat penulisan ini berguna untuk dapat lebih Disimak dalam waktu panjang oleh        pengunjung.
  • Dapat Membangkitkan perasaan para pengujung seperti rasa bahagia, senang maupun lain lainnya.
  • Buatlah suatu konten yang dapat menyelesaikan permasalahan para pengunjung.

Dan untuk dapat mengoptimasikan seo didalam elemen  struktur website, ada beberapa yang dapat anda lakukan, sebagai berikut:

-         Pemberian JUDUL

Mengapa judul termaksud dari sebuah seo dan bagaimana cara agar judul dari sebuah artikel memberikan  dampak yang besar dan lebih memaksimalkan pengunjung dengan rate besar bagi website kita, contoh sebagai berikut.

1. memberikan keyword pada tampilan depan judul.

Contoh: apa itu digital marketing? Dan fungsi dari digital marketing
Ini merupakan salah satu contoh dari pemberian seo kedalam judul tersebut
Dan ada beberapa macam kata kunci seperti kata kunci pendek dan kata kunci panjang.

Fungsi pemberian judul bukan hanya memberikan dampak bagi kualitas website ,tetapi lebih tepatnya memberikan rasa keinginan tahu para pengunjung untuk mengklik website kita.

Contoh di halaman google ada beberapa persaingan peringkat dan dari data google peringkat ke 2 memiliki pengunjung yang lebih banyak dari peringkat pertama. Dari contoh ini ada dua factor mengapa peringkat ke 2 memiliki pengujung yang lebih banyak.

  • 1.       Pemberian judul yang menarik
  • 2.       Pemberian deskripsi

Apa kalian sudah mengetahui fungsi dari meta description ini? Untuk lebih tepatnya seperti berikut. Pada saat melakukan pengindexan dari sebuah halaman, google akan mencocokan setiap kata kunci pada halaman.

Dan pada meta descrtion ini akan memudahkan para pengguna untuk memahai isi dari halaman tersebut. Meta descrion juga dapat menarik lebih banyaknya pengunjung untuk mengklik isi konten tersebut

Dan inilah mengapa pemberian dari suatu meta ini sendiri  tidak boleh asal asalan.

Konsep Dasar Seo

Google merupakan salah satu produk dan mereka ingin para pengguna atau pengujung mereka memiliki kualitas yang tinggi dan layanan yang membuat para pengguna merasa puas menggunakan produk mereka.

para pengguna google menginginkan agar website yang relevan lah yang dapat memecahkan permasalahan mereka. Dan untuk itu ada beberapa inti yang harus kalian lakukan agar website kalian dapat bersaing dan memiliki pengunjung yang banyak. Salah satunya sebagai berikut


1.   Konten yang disajikan

Mengapa kualitas dari konten juga berpengaruh pada kualitas peringkat kamu?

Jawabannya adalah seperti di urutan pertama website A memiliki isi konten 1200 kata dan peringkat ke 2 mempunyai isi content 1150 karna peringkat pertama mempunyai isi yang lebih lengkap, maka google akan memberikan peringkat yang lebih baik. Dan konten kalian juga harus dapat memecahkan permasalahan para pengunjung.

Ini akan berdampak positif dan para pengunjung merasa puas dan memiliki kepercayaan kepada website kamu, dan para pengunjung kamu dapat berlama lama di halaman website kamu.

 2.    Struktur dan navigasi dihalaman website

Coba kamu bayangkan bila kamu datang kesebuah website kamu tidak mengetahui apa saja yang ada didalam website tersebut. Struktur  halaman website merupakan salah satu unsur dari seo tersebut dan ini juga merupakan salah satu dasar pemahaman dari ilmu algoritma.

Sebenarnya struktur dari sebuah halaman juga memberikan nilai tambah untuk sebuah website agar mesin pencarian mengetahui apa saja yang ada didalam website kamu.

Ini salah satu unsur pada saat website kamu akan diindex digoogle search consule. Seperti contoh berikut.

Kamu membuat konten tentang bisnis makanan dan dihalaman website kamu. Kamu menaruh link sembarang tempat, para pengujung juga akan merasa risih dengan isinya.

Dan ini juga berpengaruh agar para pengujung dapat bisa berkunjung kehalaman berikutnya.

3.       Kepuasan para pengguna

Kepuasaan dari pengguna memberikan dampak bagi kemajuan website kamu, memang mempunyai website itu memiliki nilai tambah bagi kita,tetapi kita juga harus memikirkaan kemajuan dari sebuah website.

Contoh saya membuat sebuah blog dan saya mengcopas isi dari halaman A. website kita hanya akan berlangsung yyaaa 2 kali penerbitan saja. Dan website kamu tidak akan terbit pada halaman pertama.

Untuk memberikan dampak yang baik. Memberikan suatu kepuasan kepada para pengguna, memberikan hasil kualitas yang baik bagi website kamu.

4. Panduan SEO Dan Kepopularitas dari sebuah website

Sssttt tenang dulu, kalian juga dapat bersaing dengan website yang sudah lama ada, dan dari penggunan seo yang baik. Kamu dapat mempunyai kualitas dan kepopularitasan dari website kamu.
Dan ini merupakan unsur unsur penting  yang harus kamu lakukan. Sebagai berikut.

1.       Mengoptimasi halaman website

Fungsi mengoptimalkan halaman website merupakan salah satu unsur dari seo tersebut ini seperti kecepatan looding page halaman kamu. Coba kamu bayangkan bila kamu berkunjung ke halaman A dan halaman tersebut memiliki looding yang lama. Pasti kamu akan merasa bosan.

Untuk menguji kecepatan halaman website kamu kamu bisa menggunakan tools dibawah ini.


2.       Riset kata kunci (Keyword research)

Apa sih fungsi meriset kata kunci tersebut? Fungsi ini sendiri memberikan data kata kunci apa saja yang  memiliki angka persaingan yang tinggi. Dan ada beberapa contoh dari kata kunci tersebut

- kata kunci abadi

Apa sih kata kunci abadi itu? Yaa seperti kata kunci APA ITU SEO? Ini merupakan salah satu kata kunci abadi. Dan mengapa ini dinamakan dengan kata kunci abadi karena pengunaan kata kunci ini berlangsung secara terus menerus

-kata kunci tahunan/

Apa sih kata kunci tahunan itu? Contoh kata kunci tahunan seperti judul yang sering kalian lihat. Hmmm Lagu barat terbaru 2020 ini merupakan salah satu kata kunci tahunan.

3.       Menganalisa kompetisi

Dalam melakukan menganalisa kompetisi merupakan salah satu upaya untuk melihat website siapa saja yang mendapatkan peringkat terbaik dan kita melihat seberapa berat persaingan yang ada didalam satu keyword.

Ada beberapa kategori sebagai berikut:

  • persaingan berat
  • persaingan sedang
  • dan persaingan mudah
Tetapi dalam menentukan persaingan kalian juga harus melihat seberapa banyak pengguna mencari keyword tersebut ini bertujuan untuk memaksimalkan dari sebuah keyword.

4.       Membuat konten yang teroptimasi

Membuat konten teroptimasi merupakan salah hal yang penting seperti, menentukan struktur dari halaman content tersebut. Sebagai berikut

  • isi Konten
  • Keyword
  • Judul
  • URL
  • Meta description
  • Media gambar denagn menyertakan ALT
  • Outbound link
  • Internal link
  • Social sharing seperti facebook, piterrest, twiter, dan lain lain
  • Kecepatan  dari sebuah website
Dan ini merupakan salah satu upaya dalam penggunaan seo on page yang bertujuan untuk mengoptimasikan dari sebuah halaman.

5.       Membangun kepopularitas, link, dan reputasi

Hal ini salah satu dari taknik backlink apakah kalian sudah mengetahui apa itu backlink?

Backlink merupakan salah satu upaya yang dilakukan diluar halaman website adaa dua kategori.

Baca Juga:



Analisa keyword

Dalam melakukan analisa keyword merupakan suatu metode melihat seberapa besar persaingan yang ada disatu kata kunci. dalam melakukan suatu optimasi dalam seo sendiri. kita dapat melihat seberapa berat dalam satu kata kunci. anda dapat menggunakan tools seperti Google Plenner, Keyword tool, ubersugest, dan lain lain.

Dengan menyertakan sebuah keyword didalam sebuah halaman website anda.
lebih Tepatnya di dalam konten, seperti di judul, dan di URL.

Dengan demikian, mesin pencari seperti google, bing maupun yandex akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.

Seperti seo on page dan seo off page. Kedua hal ini sangat lah penting untuk membangun brand dari website tersebut kalian bisa membuat backlink dengan menshare kefacebook atau piters untuk membangun kepopularitasan website kamu.

6.       Melakukan Audit terhadap performa SEO

Dalam melakukan audit terhadap keyword, kamu dapat menggunakan google search consule ataupun google anality dalam melihat performa dari keyword kamu.

Karna dalam melakukan teknik seo tersebut kamu juga harus terus memantu perjalanan dari setiap keyword. Mana yang memiliki potensi besar untuk mendapatkan banyak pengujung.

Panduan Seo on page

Pengenalan Konsep dasar dari Seo on page, yang merupakan salah satu cara untuk mengoptimasikan sebuah  website,  Tanpa menerapkan konsep dasar dari seo on page ini sendiri, akan berdampak pada keberlangsungan dari sebuah strategi seo sendiri.

Dalam menerapkan seo on page ada beberapa cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Seperti penggunaan permalink yang tepat dan menjelaskan isi konten anda sendiri.

Dan dalam melakukan seo on page kamu juga perlu menerapkan penulisan dari isi konten kamu seperti memberikan tag heading dan subheading serta memberikan kata kunci yang tepat

yang  bertujuan  agar dapat cepat terindex oleh mesin pencarian seperti google, yahoo Dan bing. Konsep dasar ini merupakan salah satu Hal yang penting dan harus dapat kalian pahami.

Ada beberapa kategori  selain seo on page yaitu seo off page. Seo off sendiri terletak pada bagian luar dari sebuah halaman. Dan yang bertujuan  untuk meningkatkan kepopularitassan dari sebuah website.

 Apa saja sih yang  harus kita perhatikan dalam mengoptimasikan halaman website kita. Sebagai berikut:

1.       Isi konten yang bermanfaat
2.       Dapat memecahkan permasalahan para pengguna
3.       Artikel hasil original
4.       Dan isi konten yang berbobot

Mengapa kita harus memperhatikan 4 hal yang diatas?

Coba kita bayangkan bila kita berkunjung dan mencari sesuatu dihalaman google, dan ternyata saat kita memasuki halaman A tidak memberikan sebuah jawaban dari permasalahan yang sedang kita hadapi.

Pasti kalian akan kesal…

    Benar Tidak…

Itulah beberapa fungsi yang harus kita Perhatikan pada saat penulisan.
Inti dari seo ini sendiri seperti pemberian pada judul, meta description, subheading dan heading, pemberian alt pada gambar dan kecepatan dari sebuah halaman.

 Panduan Seo Off Page

Apa kalian sudah mengetahui apa itu seo off page? Seo off page merupakan salah income bagian luar pada halaman sebuah website.

 Pasti kalian bingung yaa…

Maksud dari seo off page ini, seperti seseorang yang membantu kalian disaat kalian terjatuh. Atau lebih tepatnya menjulurkan tangan untuk membantu kalian berdiri. Ada beberapa hal yang perlu kalian terapkan  untuk mendapatkan seo off page yang maksimal seperti contoh berikut
1.      
       Pemberian becklink

 Backlink merupakan salah satu link yang dimasukan kedalam website orang lain,  paham tidak maksudnya?...

Jadi lebih tepatnya,,, link dari konten kamu dimasukan kedalam artikel orang lain.

Dan semakin banyak kamu mendapatkan backlink maka peringkat website kamu juga akan semakin baik.

Apa sih fungsi dari backlink ini sendiri dan pengaruhnya apa untuk website kita?

Lebih tepatnya seperti berikut. Pada saat mesin pencarian melakukan sebuah pengindexan maka google mempunyai alat crawling untuk melihat dan mengecek isi konten tersebut

Pada saat alat crawling itu berjalan,maka  googlebot ini sendiri akan melihat dan bergerak melalui link yang tercantum pada isi konten.

Semakin baik dan berkualitasnya dari isi backlink, maka peringkat dari website kamu juga akan semakin baik.

Untuk mendapatkan backlink yang baik, Ada beberapa faktor dari sebuah backlink.  

Contoh  Sebagai berikut:

Reputasi dari sebuah website

  • • Keaktifan dari sebuah website
  • • Kesamaan dari isi topik
  • • Penempatan backlink didalam website
  • • Dofollow & nofollow
  • • Kesamaan dalam penggunaan bahasa
  • • dan Umur dari backlink itu sendiri
Kalian juga dapat menerapkan backlink kedalam halaman facebook, ataupun piterrest. Itulah beberapa factor yang dapat kamu lakukan dalam melakukan penerapan seo, dan artikel ini juga kan terus diperbaiki agar dapat memecahkan setiap permasalahan  para pengguna.

didalam seo off juga memiliki beberapa permasalahan, maka untuk dapat menghindari permasalah tersebut kalian harus memperhatikan dari suatu link.

Ada beberapa orang yang ingin menaikkan suatu rangking website dengan cepat, tetapi terlalu malas untuk membuat konten yang berkualitas.

Pengertian Seo link building

apakah kamu mengetahui apa itu link building?

Link building merupakan suatu penunjang konten didalam halaman website, tanpa memiliki konten yang baik, malah sebaiknya anda jangan melakukan link building. Karena selain percuma dalam melakukan link building ini juga hasilnya bisa berupa hukuman dari Google.

Dalam suatu Proses link building yang baik, selalu berhubungan dengan pemasaran dan content marketing. dan Bukan hanya
melalui spamming dan penggunaan bot atau software otomatisasi/robot.

Ada beberapa bentuk backlink yang tidak disukai oleh mesin pencarian karena sering disalah gunakan oleh para pengguna.

Berikut ini ada beberapa linkbuilding yang dapat merusak rangking website kamu, di antaranya sebagai berikut:

1. Melakukan dengan Bertukar link.  bertukar link secara tidak langsung tidak memberikan manfaat apabila orang yang kalian tukarkan berupa link yang thin atau tidak dapat memaksimalkan website kamu.

2. melakukan dengan Membeli link & menggunakan jasa backlink. Membeli link memang kemungkinan bisa dapat cepat menaikkan rangking website kamu. Tetapi biasanya tidak akan dapat bertahan lama, karena anda akan Terkena hukuman dari Google.

3. melakukan dengan berkomentar di suatu blog ataupun forum-forum tertentu.

4. Auto-approve link. dalan melakukan teknik ini kamu dapat menggunakan tools dan ini merupakan Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. ini merupakan link gaib atau bisa diartikan link tersebut langsung muncul ketika anda memasukkan alamat website anda.

Link building yang kalian dapatkan dengan cara-cara di atas biasanya berkualitas rendah. karena  Hasil yang maksimum bisa anda dapatkan dengan cara tertentu seperti membuat fanspage pada halaman facebook dan dapat meningkatkan  peringkat website kamu,

Karena itu lebih baik menghindari teknik diatas.

Sama halnya dengan pengoptimasian seo on-page, kualitas juga sangat berpengaruh. Bahkan off-page SEO lebih sensitif terhadap kualitas dari suatu website.